Catat Ya, Akses Transportasi Mudah untuk Wisata ke Gunung Pancar Bogor

Catat Ya, Akses Transportasi Mudah untuk Wisata ke Gunung Pancar Bogor

Gunung Pancar di Sentul, Bogor, kerap menjadi destinasi wisata singkat bagi warga Jabodetabek. Gunung Pancar jadi opsi wisata alam dengan lokasi terjangkau bagi warga Jabodetabek, yang biasanya hanya libur dua hari di akhir pekan.
Selain fasilitasnya lengkap bagi pengunjung, Gunung Pancar punya pemandangan yang asri dan indah. Belum lagi sederet aktivitas yang dapat dilakukan ketika kamu berkunjung ke Gunung Pancar.

Karena jaraknya yang bisa ditempuh hanya dua sampai tiga jam dari Jakarta dan sekitarnya, Gunung Pancar pun banyak dipilih sebagai tempat berlibur favorit.

Jika tidak punya kendaraan pribadi, tenang saja, kamu tetap bisa berwisata ke Gunung Pancar menggunakan transportasi massal dan tentu dengan biaya yang terjangkau.

Berikut 3 opsi transportasi menuju Gunung Pancar, Sentul, Bogor, bagi warga Jabodetabek.
1. KRL (Commuter Line)
Baik itu dari Jakarta, Depok, Tangerang, maupun Bekasi, kamu bisa memanfaatkan KRL atau Commuter Line dan turun di Stasiun Cibinong. Berikut stasiun mana saja yang melayani rute ke Stasiun Cibinong.

– Jakarta: Stasiun Manggarai
– Depok: Stasiun Depok Baru
– Bekasi: Stasiun Cikarang dan transit di Stasiun Manggarai lanjut menuju Stasiun Cibinong
– Tangerang: Stasiun Batu Ceper dan transit di Stasiun Duri, lalu berpindah kereta menuju Stasiun Manggarai

Untuk menuju ke Gunung Pancar, dari Stasiun Cibinong kamu bisa menggunakan taksi/taksi online ataupun ojek/ojek online sesuai kebutuhan.

Namun, jika kamu turun di Stasiun Bogor kamu bisa naik angkot menuju terminal Baranangsiang untuk naik Trans Pakuan sampai AEON Mall Sentul City.

Dari AEON Mall menggunakan taksi/taksi online ataupun ojek/ojek online dengan jarak tempuh yang lebih pendek menuju Gunung Pancar.

2. Bus

Apabila kamu menggunakan bus dari luar kota menuju Bogor, kamu bisa turun di Terminal Baranangsiang dan lanjut menggunakan angkot. Pertama, angkot 03 sampai Pasar Citeureup, lalu angkot 06 jurusan Gunung Pancar.
Pilihan lain apabila turun di Terminal Bogor, lanjutkan perjalanan dengan Bus Transpakuan Bogor jurusan Bogor-Sentul. Jika kamu warga Bogor dan ingin menggunakan Trans Pakuan menuju Sentul, kamu juga bisa memantau jadwal dan halte terdekat menggunakan aplikasi terintegrasi Bis Kita.

Ada pula Transjabodetabek yang dulu lebih dikenal APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa berangkat dari halte terdekat yang dilalui trayek jurusan Sentul, lalu turun di Sentul City.

Dari Sentul City, jarak menuju Gunung Pancar tidak lagi terlalu jauh dan kamu bisa lanjut menggunakan taksi/ojek konvensional/online menuju Gunung Pancar.

3. Kendaraan Pribadi
Jika kamu berasal dari luar Kota Bogor dan menggunakan mobil, dari masing-masing pusat kota di Jabodetabek, waktu untuk bisa ke Gunung Pancar dengan kendaraan roda empat hanya sekitar 1-2 jam.

Kamu bisa menggunakan Tol Jagorawi dan keluar dari Gerbang Tol Sentul Selatan 1. Selanjutnya ambil jalur kiri menuju Jl. MH. Thamrin. Terus berada di Jl. MH. Thamrin sejauh 3,9 km.

Dari perempatan, terus lurus berada di Jl. Siliwangi sejauh 2,2 km. Dari pertigaan, lurus terus menuju Jl. Bali Raya sejauh 900 m sampai bertemu Sentul Nirwana.

Dari pertigaan kedua di bundaran Sentul Nirwana, belok kiri ke arah Jungleland dan terus mengikuti jalan sampai masuk wilayah Jl. Cimandala, Karang Tengah, maka kamu akan menemukan kawasan wisata Gunung Pancar.

Sama seperti menggunakan mobil, jika kamu menggunakan motor, kamu bisa menuju arah Sentul City dan melanjutkan rute di atas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours