House of Sampoerna: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Info Lainnya

House of Sampoerna: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Info Lainnya

Surabaya populer dengan maskot patung “Sura” dan “Baya” nya yang menjadi ikon ibukota di Jawa Timur ini. Tak hanya itu saja, Surabaya juga dikenal dengan berbagai kawasan sejarah yang selalu seru untuk dikulik dan dijelajahi. Salah satu yang wajib Anda sambangi saat berlibur ke Surabaya adalah House of Sampoerna yang beralamat di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantikan.

House of Sampoerna adalah museum yang didirikan oleh perusahaan  PT. HM Sampoerna Tbk. yang dikenal sebagai salah satu produsen rokok terbesar yang ada di Indonesia. Museum ini menjadi destinasi favorit banyak wisatawan saat berkunjung ke Surabaya, karena memiliki segudang daya tarik dan penuh akan nilai sejarah.

Daya Tarik House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna adalah museum yang memperlihatkan bagaimana sejarah pabrik rokok Sampoerna dari awal berdiri hingga menjadi besar sampai saat ini. Museum ini mulai didirikan pada tahun 1862, kemudian baru dibuka secara pada 9 Oktober 2003.

Pada awalnya, bangunan museum ini adalah sebuah panti asuhan yang aktif beroperasi saat kolonial Belanda. Kemudian, bangunan museum ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri PT. HM Sampoerna dan menyulap bangunan tersebut menjadi area produksi rokok.

Hal pertama yang akan Anda rasakan saat memasuki House of Sampoerna adalah aroma rokok kreteknya yang khas dan juga desain arsitektur bangunannya yang bernuansa klasik. Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan rokok kretek pada jaman dulu, lengkap dengan berbagai peralatan tradisional yang masih tersimpan apik di museum ini.

House of Sampoerna bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan libur akhir pekan Anda  bersama keluarga. Tak hanya wisata edukasi saja, Anda juga bisa mencoba rekreasi menggunakan Surabaya Heritage Track (bus wisata) untuk mengelilingi area House of Sampoerna hingga De Javasche Bank.

Setiap sudut di museum ini pun cocok untuk dijadikan sebagai tempat berswafoto karena memiliki spot unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen Anda di museum ini menggunakan kamera ataupun HP.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke museum House of Sampoerna, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, Anda hanya perlu menunjukkan kartu identitas (KTP/Sejenisnya) sebagai syarat masuk ke dalam museum ini. Di museum ini Anda bisa menemukan area souvenir yang menjual aneka cinderamata khas Surabaya.

Jika sudah lelah berkeliling, Anda bisa bersantai sejenak di cafe Tanamera yang masih berada di kompleks House of Sampoerna, sambil menikmati suasana museum yang asri. Harga menu yang ada di cafe ini berkisar dari Rp 30.000-Rp 70.000 saja dan sudah tersedia area untuk dine-in. Jika sedang beruntung, Anda juga bisa melihat pertunjukkan live music yang ada di cafe ini loh!

Jam Buka

House of Sampoerna buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke museum ini adalah pagi hari, dimana cuaca Surabaya sedang tidak terlalu panas dan Anda bisa lebih leluasa untuk berkeliling museum.

Untuk bisa sampai ke House of Sampoerna, Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus ataupun kendaraan pribadi. Tak jauh dari museum ini Anda juga bisa mendatangi beberapa destinasi wisata lainnya seperti kawasan Chinatown, Museum Bank Mandiri, dan Kota Tua Surabaya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai House of Sampoerna yang ada di Surabaya. Tunggu apalagi? Saatnya menambahkan spot wisata ini ke dalam itinerary liburan Anda sekarang juga!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours