Wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), Ini Fasilitas dan Harga Tiketnya 2023

Wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), Ini Fasilitas dan Harga Tiketnya 2023

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang besar dan terkenal di Indonesia. Surabaya Zoo juga menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara lho detikers.

Sehingga, tak heran kalau KBS menjadi tujuan banyak wisatawan ketika berkunjung ke Surabaya. Ada apa saja yang di kebun binatang ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Kebun Binatang Surabaya
Dikutip dari surabayazoo.co.id, awalnya Kebun Binatang Surabaya berdiri pada 31 Agustus 1916 oleh H.F.K Kommer di Kaliondo.

Karena termasuk peninggalan zaman Belanda, pada awalnya kebun binatang ini bernama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin. Kemudian di tahun 1917 pindah di Groedo, dan baru pada 1918 dibuka untuk umum.

Sejak 2012 hingga sekarang, KBS dikelola oleh PDTS KBS sebagai BUMD berdasarkan Perda Kota Surabaya No. 19 Tahun 2012 tentang PDTS KBS.

Kemudian, di Tahun 2019 dikeluarkan Surat Keputusan pengakuan PDTS KBS sebagai Lembaga Konservasi dengan nomor SK. 340/Menlhk/Setjen/KSA.2/5/2019.

Hingga saat ini, KBS memiliki lebih dari 230 spesies satwa yang jumlahnya sekitar 2179 ekor satwa. Di mana, di dalamnya juga tinggal beberapa satwa langka yang terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Fasilitas dan Wahana
Tempat wisata edukasi Kebun Binatang Surabaya memiliki berbagai fasilitas menarik, yang bisa dinikmati pengunjung, di antaranya:

Tempat ibadah
Berbagai wahana binatang
Toko souvenir
Media center
Spot foto menarik
Adapun beberapa wahana yang ditawarkan Kebun Binatang Surabaya, yaitu:

Animal edutainment
Kids zoo
Aquanocrudio park
Tunggang gajah
Tunggang unta
Wisata perahu dengan keliling di pulau bekantan
Foto bersama satwa
Animal story
Kolam renang
Memberi makan satwa
Lokasi dan Jam Buka
Kebun Binatang Surabaya beralamat di Jalan Setail No.1 Darmo, Wonokromo Surabaya, Jawa Timur.

Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari Senin-Minggu dari pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Kebun Binatang Surabaya 2023
Dilansir dari laman resminya, berikut harga tiket Kebun Binatang Surabaya di tahun 2023, beserta paket yang disediakan, biaya parkir, dan cara membeli tiketnya.

Harga Tiket KBS per Orang
Harga tiket KBS adalah Rp 15.000 per orang. Sementara, untuk harga tiket rombongan Rp 13.000 (minimal pembelian 30 orang, dengan free 1 tiket yang berlaku kelipatan).

Sebagai catatan, anak dengan tinggi badan yang sudah mencapai 85 cm akan dihitung dan dikenakan biaya normal. KBS juga menyediakan seorang pemandu kebun binatang (jika dibutuhkan/sesuai permintaan).

Harga Tiket Paket Edukasi KBS
Selain harga tiket masuk per orang, tersedia juga paket wisata edukasi di KBS, di antaranya:

Paket Jalak Bali: Rp 50.000
Paket Jerapah: Rp 60.000
Paket Komodo: Rp 125.000
Paket Arwana: Rp 100.000
Paket Bekantan: 75.000
Paket edukasi tersebut berlaku di hari Senin-Jum’at. Di mana, pendaftaran paket perlu dilakukan minimal 2 minggu sebelumnya ya.

Biaya Parkir
Biaya parkir di dalam KBS yaitu:

Motor Rp 5.000
Mobil Rp 8.000
Bus/mini bus: Rp 10.000
Cara Beli Tiket Kebun Binatang Surabaya
Pembelian tiket KBS bisa dilakukan melalui ticket corner. Pembayaran transaksinya juga tersedia lewat QRIS, e-wallet, dan mobile banking. Untuk transaksi menggunakan kartu BRIZZI, bisa langsung tap saat di pintu masuk KBS.

Itu tadi informasi seputar Kebun Binatang Surabaya yang menjadi kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara. Apakah kalian pernah berkunjung ke sini?

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours