Museum Angkut: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Museum Angkut: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Museum Angkut merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur. Salah satu daya tarik dari museum ini adalah banyaknya koleksi mobil-mobil hingga kendaraan lainnya.

Maka tak heran kalau Museum Angkut selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi jika masuk musim libur sekolah atau libur hari raya, jumlah pengunjung Museum Angkut bisa membludak.

Lantas, apa daya tarik yang ditawarkan dari Museum Angkut? Lalu berapa harga tiket masuknya? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Daya Tarik Museum Angkut

Sesuai namanya, daya tarik utama dari Museum Angkut adalah koleksi kendaraan yang begitu banyak. Di museum ini, kamu bisa melihat beragam koleksi mobil klasik, salah satunya yang menarik perhatian adalah mobil dinas milik Presiden Soekarno, yaitu Chrysler Windsor Deluxe lansiran 1952.

Selain itu, di Museum Angkut juga terdapat helikopter dinas milik Presiden Soekarno, yaitu Bell 47J Siwalet. Di museum ini juga tersimpan berbagai koleksi mobil mewah milik presiden pertama Indonesia itu.

Di luas lahan yang mencapai empat hektar tersebut, terdapat juga koleksi mobil-mobil klasik lainnya yang memikat mata. Kamu bisa berfoto di depan mobil-mobil tersebut, namun jangan sampai dirusak ya.

Daya tarik lain dari Museum Angkut adalah berbagai pertunjukan yang menarik dan memukau pengunjung. Pertunjukan tersebut di antaranya ada Man On Fire, Vehicle Live Action, serta Cars and Costume Parade.

Pertunjukan tersebut digelar setiap hari namun dengan jam yang berbeda-beda. Pertunjukan Vehicle Live Action berlangsung pukul 14.00 WIB, lalu dilanjutkan Man On Fire pukul 15.20 WIB, dan terakhir adalah Cars and Costume Parade pukul 16.30 WIB.

Saat berkunjung ke Museum Angkut, detikers wajib mengunjungi berbagai tempat ikonik di dunia, mulai dari Buckingham Palace, Hollywood, hingga Gangster Town. Tempat ikonik tersebut selalu ramai didatangi pengunjung yang ingin berfoto-foto.

Sebagai informasi, Museum Angkut terdiri dari berbagai zona, yakni sebagai berikut:

Zona Hollywood, berisi koleksi mobil dengan suasana seperti di Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat.
Zona Gangster, tempat ini cukup ikonik karena berisi mobil-mobil klasik dan bangunan bergaya retro Amerika di tahun 1900-an.
Zona Pecinan, di area ini kamu akan merasakan seperti di Chinatown dengan beragam ornamen khas berwarna merah.
Area Hall, di tempat ini terdapat koleksi mobil klasik, salah satunya mobil dinas Presiden Soekarno.
Zona Eropa, di zona ini kamu seolah berada di Eropa dengan tempat-tempat ikonik seperti Buckingham Palace.
Zona Batavia, di area ini kamu akan merasakan seperti di Jakarta era zaman dahulu dengan koleksi kendaraan klasiknya, salah satunya ada bajaj.
Apabila perut sudah mulai lapar, cobalah mampir ke Pasar Apung Nusantara di Museum Angkut. Di tempat ini, detikers bisa mencicipi berbagai macam kuliner lezat. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling dengan kanau untuk mengitari seluruh area pasar apung.

Fasilitas Umum di Museum Angkut
Jangan khawatir soal fasilitas di sini, karena Museum Angkut telah menyediakan fasilitas umum yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Mengutip laman resmi Jawa Timur Park, berikut fasilitas umum yang tersedia di Museum Angkut:

Toilet umum
Free WiFi
Free shuttle car
Rental kursi roda (wheelchair)
ATM
Food court
Mushola
Tempat parkir luas
Information center
Deposit counter
Escalator untuk kemudahan pengunjung.
Harga Tiket Masuk Museum Angkut
Bagi detikers yang ingin menghabiskan waktu ke Museum Angkut, sebaiknya ketahui dahulu harga tiket masuknya terlebih dahulu.

Untuk harga tiket masuk Museum Angkut dibanderol sebesar Rp 100.000/orang saat weekday. Sedangkan saat weekend harga tiketnya dipatok Rp 120.000/orang.

Selain itu, detikers juga bisa membeli tiket terusan Jatim Park 1 dan Museum Angkut yang dibanderol Rp 140.000/orang saat weekday. Sementara saat akhir pekan harga tiketnya sebesar Rp 170.000/orang.

Bagi anak-anak yang memiliki tinggi badan di bawah 85 centimeter tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Namun, untuk anak-anak yang tingginya melebihi 85 centimeter akan dikenakan tarif normal.

Sebagai informasi, harga tiket tersebut berlaku sejak 10 Februari 2023.

Lokasi dan Jam Operasional Museum Angkut
Museum Angkut terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di Kota Batu dan tak jauh dari Kota Malang membuat Museum Angkut menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Museum Angkut buka setiap hari dari pukul 11.00 hingga pukul 20.00 WIB. Disarankan datang sejak siang hari agar kamu puas berkeliling Museum Angkut bersama teman, keluarga, ataupun pasangan.

Demikian pembahasan mengenai Museum Angkut, mulai dari daya tarik, fasilitas umum yang tersedia, harga tiket masuk, dan jam operasionalnya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours