Air Terjun Benang Kelambu: Lokasi, Fasilitas, Tips Berkunjung

Air Terjun Benang Kelambu: Lokasi, Fasilitas, Tips Berkunjung

Lombok Tengah – Jika Anda sedang berlibur di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), jangan lupa untuk berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berlokasi di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dan masih dalam satu kawasan dengan Geopark Gunung Rinjani.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mata air di Air Terjun Benang Kelambu dikenal sangat jernih. Bahkan, pengunjung dapat langsung meminumnya. Air terjun ini konon terbentuk oleh aquifer layer falut atau patahan yang mengenai lapisan air tanah serta batuan gunung api.

Penamaan Air Terjun Benang Kelambu disebabkan karena aliran airnya berbentuk kelambu. Air terjun ini memiliki tiga tingkat, yakni tingkat atas bersumber dari mata air dan tingginya sekitar 30 meter. Tingkat kedua merupakan kelanjutan dari tingkat pertama yang tingginya kurang lebih 10 meter dan ketinggian tingkat ketiga hanya 5 meter.

Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas di Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.30 Wita.

Adapun tarif tiket masuk ke Air Terjun Benang Kelambu sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 per orang. Sedangkan, tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Wisatawan yang ingin menggunakan jasa transportasi ojek juga tersedia di sekitar lokasi.

Sementara itu, fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini antara lain lahan parkir, toilet, hingga mushola. Jika lapar, Anda dapat membeli makanan di beberapa warung yang tersedia di kawasan wisata tersebut.

5 Tips Mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Benang Kelambu, Anda bisa memperhatikan lima tips berikut ini:

1. Datang di Pagi Hari

Mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu sangat tepat di pagi hari. Sebab, Anda bisa menikmati cahaya sinar matahari pagi serta merasakan udara yang sejuk.

2. Berkunjung Saat Hari Efektif atau Weekdays

Para wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu saat hari efektif agar dapat menikmati objek wisata lebih tenang serta nyaman saat tidak ramai pengunjung.

3. Perhatikan Cuaca

Perhatikan pula cuaca di sekitar Air Terjun Benang Kelambu demi keselamatan dengan menghindari risiko jalan yang licin serta membahayaka. Selain itu, aliran air terjun akan sangat deras ketika hujan.

4. Siapkan Pakaian Ganti

Wisatawan yang berkunjung sangat disarankan membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga saat berendam di kolam yang tersedia di Air Terjun Benang Kelambu.

5. Patuhi Aturan yang Berlaku

Baca artikel detikbali, “Air Terjun Benang Kelambu: Lokasi, Fasilitas, Tips Berkunjung” Terpenting, selalu patuhi aturan yang sudah diterapkan oleh pengelola setempat. Jangan membuang sampah sembarangan hingga dilarang melakukan hal yang dapat mengganggu kenyamanan wisatawan lain.

Nah, itulah serba-serbi seputar Air Terjun Benang Kelambu yang bisa dijadikan referensi untuk berwisata bersama keluarga! Selamat liburan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours