Pulau Gili Meno Lombok – Panduan Wisata, Aktivitas Populer, Transportasi

Pulau Gili Meno Lombok – Panduan Wisata, Aktivitas Populer, Transportasi

Anda sedang liburan di Bali dan ingin mencoba liburan ke Lombok? Jika iya, sebaiknya anda mengunjungi ketiga pulau kecil yang ada di sebelah barat pulau Lombok, yang terkenal dengan nama kepulauan Gili Lombok. Masing-masing kepulauan Gili memiliki keindahan pantai pasir putih, air laut bening, terumbu karang masih terjaga, udara bebas polusi. Ketiga kepulauan Gili tersebut antara lain, pulau Gili Air, pulau Gili Meno dan pulau Gili Trawangan.

Informasi Umum Wisata Tiga Kepulauan Gili Lombok

Kepulauan Gili Lombok

Dari ketiga kepulauan Gili yang paling terkenal dan ramai di kunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal adalah pulau Gili Trawangan. Karena pulau Gili Trawangan telah memilki fasilitas penunjang pariwisata lengkap. Seperti banyak pilihan hotel dan restoran yang lebih lengkap di bandingkan dengan pulau Gili Meno dan pulau Gili Air.

Setiap kepulauan Gili memiliki daya tarik tersediri, dan di minati oleh wisatawan yang memiliki kriteria berbeda. Selain itu, di semua kepulauan Gili tidak ada mobil, jadi udara bebas polusi. Transportasi di kepulauan Gili Lombok adalah adalah menggunakan sepeda, Cidomo atau berjalan kaki.

Sebagian besar wisatawan Indonesia yang liburan ke Bali, akan lebih memilih liburan ke pulau Gili Trawangan dari pada ke pulau Gili Air dan Gili Meno. Namun, jika anda memilik waktu liburan lebih, akan lebih baik anda dapat mengekslorasi ketiga kepulauan Gili.

1. Pulau Gili Trawangan Lombok

Sebagian besar wisatawan yang berlibur ke Gili Trawangan Lombok adalah wisatawan yang menyukai aktivitas wisata pantai pasir putih, menyukai aktivitas wisata bahari seperti scuba diving dan wisatawan yang menyukai kehidupan malam.

Hampir setiap hari di pulau Gili Trawangan di adakan pesta di pinggiran pantai, tentunya dengan suara musik yang lumayan keras. Jadi jika saat anda liburan di Bali, menyukai tempat wisata Kuta Bali, maka Gili Trawangan sangat cocok untuk anda kunjungi.

2. Kepulauan Gili Air Lombok

Kepulauan Gili Air Lombok
Photo by Bernard Hermant

Pulau Gili Air juga memiliki pemandangan pantai indah dengan perairan air laut jernih serta tersedia berbagai aktivitas wisata seperti snorkeling, diving, dan bersepeda.

Pulau ini juga terkenal sebagai pulau yang lebih tenang dan damai jika dibandingkan dengan pulau Gili Trawangan yang lebih ramai. Maka itu, pulau Gili Air lebih di sukai wisatawan yang ingin suasana liburan lebih santai, tenang dan menyukai aktivitas Snorkeling.

Untuk saat ini, pulau Gili Air belum menawarkan suasana pesta dan hiburan larut malam seperti hanya di pulau Gili Trawangan. Namun pulau Gili Air masih memiliki cukup hiburan malam yang lebih santai dan di sukai wisatawan yang ingin suasana liburan lebih santai dan tenang.

3. Kepulauan Gili Meno

Kepulauan Gili Meno

Dari ketiga pulau Gili, pulau Gili Meno adalah pulau yang memiliki luas terkecil. Wisatawan yang tertarik mengujungi pulau Gili Meno sebagian besar wisatawan yang sedang bulan madu.

Sama seperti kepulauan Gili Air, pulau Gili Meno menawarkan suasana tenang, dengan pemandangan alam yang sangat alami. Pesta sampai larut malam yang sangat normal anda temukan di Gili Trawangan, sangat jarang ada di pulau Gili Meno.

Transportasi Ke Gili Meno Dari Bali

Transportasi Ke Gili Meno Dari Bali

Sarana transportasi untuk menuju Gili Meno dari pulau Bali hanya lewat laut, jadi anda akan menaiki kapal cepat yang lebih terkenal dengan nama fast boat.

Sebagian besar wisatawan yang berangkat dari Bali menuju ke pulau Gili Meno akan menuju Gili Trawangan terlebih dahulu menaiki fast boat, kemudian dari Gili Trawangan menyeberang ke pulau Gili Meno menggunakan perahu kecil. Karena, fast boat langsung dari Bali ke Gili Meno sangat jarang tersedia.

Cara Dari Bali Ke Gili Trawangan

Di pulau Bali ada tiga pelabuhan yang melayani penyeberangan ke pulau Gili Trawangan, ketiga pelabuhan tersebut antara lain;

  • Pelabuhan Padang Bai Karangasem.
  • Pelabuhan Serangan Denpasar.
  • Pantai Sanur, lebih populer untuk penyeberangan fast boat dari Bali ke pulau Nusa Lembongan atau pulau Nusa Penida.

Dari ketiga pelabuhan penyeberangan dari pulau Bali ke Gili Trawangan, yang paling populer adalah pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan Serangan.

Untuk pelabuhan Padang Bai diminati wisatawan yang ingin mencari harga tiket fast boat murah ke dari Bali ke Gili Trawangan. Sedangkan pelabuhan Serangan diminati wisatawan yang ingin kenyamanan saat penyeberangan dari Bali ke Gili Trawangan.

Lokasi Pelabuhan Untuk Pemilihan Fast Boat Ke Gili Trawangan

Selain harga, anda juga dapat mempertimbangkan faktor lokasi pelabuhan yang berdekatan dengan lokasi hotel anda.

Jika anda berangkat dari kawasan tempat wisata Bali selatan, maka pelabuhan Serangan lebih dekat dari lokasi hotel anda. Kawasan pariwisata Bali bagian selatan seperti, Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, Canggu, Ungasan, Uluwatu, Sanur, Denpasar.

Apabila anda berangkat dari kawasan Bali tengah dan Bali timur seperti Ubud, Candidasa, Amed, Tulamben, maka pelabuhan Padang Bai lebih dekat dari lokasi anda.

Rekomendasi Fast Boat Dari Bali Ke Gili Trawangan

Upper Deck Blue Water Express

Untuk mendapatkan penyedia jasa fast boat murah dari Bali ke Gili Trawangan, anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google.co.id. Berikut ini rekomendasi fast boat ke Gili Trawangan dari Bali.

  • Fast Boat Gili Trawangan Bluewater Express, lokasi kapal cepat di pelabuhan Serangan Denpasar.
  • Eka Jaya Fast Boat. Lokasi kapal cepat di pelabuhan Padang Bai Karangasem.

Anda juga dapat menuju ke pulau Gili Meno berangkat dari Lombok, melalui pelabuhan Bangsal di pantai Senggigi Lombok menghabiskan waktu kurang lebih satu jam dengan mengunakan kapal, tetapi anda harus menunggu sampai kapal terisi penuh penumpang.

Biaya & Waktu Kapal Penyeberangan Dari Gili Trawangan Ke Gili Meno

Untuk waktu keberangkatan kapal cepat dari Gili Trawangan ke Gili Meno tersedia setiap hari pada pukul 09:30 pagi serta pukul 16:00. Untuk harga tiket kapal penyeberangan dari Gili Trawangan ke Gili Meno Rp 23,000/orang.

Biaya & Waktu Kapal Penyeberangan Dari Gili Meno Ke Gili Trawangan

Sedangkan untuk keberangkatan kapal penyeberangan dari Gili Meno ke Gili Trawangan, juga tersedia setiap hari. Dari pukul 08:30 pagi dan pukul 15:00. Harga tiket kapal penyeberangan dari Gili Meno ke Gili Trawangan Rp 25,000/orang.

Daya Tarik Wisata Pulau Gili Meno

Daya Tarik Wisata Pulau Gili Meno

Gili Meno letaknya di tengah dari kepulauan Gili. Gili Meno memiliki luas daratan paling kecil di bandingkan dengan kedua kepulauan Gili lainya, Sehingga wisatawan dapat mengelilingi pulau Gili Meno dalam waktu 2 jam menggunakan sepeda.

Anda dapat berjalan kaki mengelilingi pinggiran pantai Gili Meno dengan melihat deburan ombak dan menghirup udara pantai yang masih segar. Mengelilingi pinggiran pantai Gili Meno menggunakan jalan setapak hanya memerlukan waktu 90 menit.

Tidak ada sumber air tawar di pulau Gili Meno, sehingga hotel dan restoran harus membawa air tawar dari pulau Gili Trawangan. Sedangkan untuk tenaga listrik, pulau ini mengandalkan mesin generator listrik. Begitu pula dengan jumlah penduduk Gili Meno, paling sedikit hanya kisaran 400 orang, sehingga Gili Meno di peruntukkan bagi anda yang ingin menikmati liburan di pinggiran pantai dengan suasana tenang dan sepi.

Pantai Gili Meno

Bagi anda yang lebih menyukai wisata pantai dengan suasana lebih sepi, maka pantai Gili Meno pilihan yang terbaik dari ketiga Gili. Pantai Gili Meno juga menawarkan keindahan pantai yang sama dengan Gili Trawangan maupun Gili Air. Namun pantai Gili Meno lebih sepi dengan perairan sangat jernih.

Gili Meno sering di sebut sebagai surganya pantai yang ada di pulau Lombok, tentunya ada alasannya! Jika anda berlibur ke pulau Gili Meno, seperti berlibur ke pulau pribadi, yang jauh dari hingar bingar suasana perkotaan.

Metode Transportasi

Sama seperti di Gili Trawangan karena tidak di perbolehkannya kendaraan bermotor, menjadikan kualitas udara di pulau Gili Meno masih sangat bersih. Sebagian masyarakat lokal menggunakan sepeda gayung dan kereta kuda sebagai alat transportasi di sekitar pulau.

Jika anda ingin bersepeda di Gili Meno, anda dapat menyewanya dengan masyarakat lokal. Mengendarai sepeda di Gili Meno, salah satu aktivitas yang paling menyenangkan di lakukan, walaupun beberapa jalan masih berupa pasir.

Infrastruktur

Pulau Gili Meno masih sangat jarang di kunjungi oleh para wisatawan karena fasilitas penunjang pariwisata yang ada di Gili Meno masih sangat minim.

Maka jika anda merencanakan liburan ke pulau Gili Meno, sebaiknya menyiapkan keperluan pribadi dan uang tunai mencukupi. Anda akan menemukan toko atau mesin ATM di pulau ini, seperti yang ada di pulau Gili Trawangan. Untuk tempat penginapan dan warung makan, sudah tersedia di Gili Meno.

Tempat makan di pulau Gili Meno lebih banyak berupa kafe. Menu di kafe sebagian besar berupa ikan bakar, menu western, dan masakan Indonesia.

Aktivitas Liburan Menarik Di Pulau Gili Meno

Minim fasilitas di Gili Meno tidak menjadi halangan bagi penikmat wisata pantai untuk mengunjungi Gili Meno. Gili Meno selain memiliki pantai yang indah dengan pasir putihnya, anda juga dapat melihat danau garam di sebelah barat Gili Meno. Sebagian besar fasilitas wisata, tempat perahu berlabuh yang ada di Gili Meno berada di bagian timur pulau.

Aktivitas wisata pengunjung saat liburan di Gili Meno adalah snorkeling dan scuba diving.

1. Snorkeling Pulau Gili Meno

Jika anda berlibur ke pantai Gili Meno, selain menikmati keindahan pantai dengan berjalan kaki, banyak sekali aktifitas lainnya yang dapat anda lakukan. Di antaranya, berenang di pantai, melakukan aktifitas snorkeling. Karena perairan laut sangat jernih, sehingga anda dengan mudah dapat melihat ikan yang berenang di antara terumbu karang dan penyu saat snorkeling.

Salah satu lokasi populer untuk snorkeling di Gili Meno berada di sisi timur laut. Untuk peralatan snorkeling, anda dapat menyewa di penduduk setempat. Anda juga dapat memesan aktivitas snorkeling dengan penduduk setempat. Jika anda memesan aktivitas snorkeling, maka anda akan di sediakan perahu, serta peralatan snorkeling. Pemandu snorkeling akan mengantar anda ke lokasi snorkeling agar anda dapat melihat penyu serta ikan.

2. Scuba Diving Pulau Gili Meno

Keindahan dasar laut Gili Meno juga dapat anda lihat dengan melakukan aktifitas scuba diving. Di bagian sisi barat pantai Gili Meno salah satu spot menyelam yang di sukai wisatawan. Perairan berwarna biru kehijauan dan sangat jernih, sehingga sangat cocok melakukan aktivitas scuba diving. Di kedalaman 18 meter, anda sudah dapat melihat terumbu karang dan koral laut yang berwarna warni.

3. Gili Meno Sea Turtle Sanctuary

Berwisata ke pantai Gili Meno, tidak hanya dapat menikmati keindahan pantainya, anda dapat mengunjungi tempat penangkaran penyu hijau di Gili Meno.

Sea Turtle Sanctuary bukan objek wisata seperti halnya tempat penangkaran penyu hijau di Tanjung Benoa. Jika anda menyukai melihat bayi kura-kura, maka tempat ini wajib anda kunjungi saat liburan di Gili Meno.

Gili Meno Sea Turtle Sanctuary, adalah tempat kecil yang berada di pinggir pantai. Di tempat ini, anda akan dapat melihat telur kura-kura, serta bayi kura-kura. Semua kura-kura yang telah menetas dan berumur 6 bulan, akan di lepas ke laut.

4. Jalan-Jalan Mengelilingi Gili Meno Island

Gili Meno island pulau kecil yang di kelilingi pantai. Dari utara ke selatan, Gili Meno Island memiliki bentangan jarak sekitar 2 kilometer. Sedangkan jarak bentangan Gili Meno island dari barat ke timur, sekitar 1 kilometer. Jarak yang tertera dengan mengukur menggunakan Google Map.

Dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi pulau dengan menyusuri garis pantai dalam waktu 1,5 jam sampai dua jam. Dengan menyusuri garis pantai mengelilingi Gili Meno, anda akan dapat melihat pesona keindahan pantai Gili Meno lebih mendetail.

Waktu terbaik untuk jalan-jalan keliling Gili Meno island di pagi hari atau di sore hari. Di pagi hari setelah matahari terbit, atau di sore hari sekitar pukul 16:00 dan di lanjutkan dengan melihat pemandangan sunset. Di siang hari, pulau Gili Meno lumayan panas, yang akan membuat anda cepat lelah saat jalan jalan keliling pulau.

Jika anda ingin melihat pemandangan sunset jauh dari lokasi anda menginap di Gili Meno, mohon ingat selalu membawa senter. Karena jalan yang akan anda lewati lumayan gelap.

5. Mengunjungi Danau Air Asin dan Hutan Bakau Gili Meno

Di sisi tengah barat pulau Gili Meno terdapat sebuah danau alami namun airnya air asin. Jika anda berangkat dari pesisir timur laut Gili Meno Island, lokasi pelabuhan perahu menuju ke lokasi danau air asin akan menempuh jarak 1,5 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit berjalan kaki. Area sekitar danau air asin Gili Meno, di kelilingi banyak pohon bakau membentang sampai ke area pesisir barat Gili Meno Island.

Saat anda tiba di area danau air asin, anda dapat memilih tempat duduk yang teduh agar dapat menikmati pemandangan danau dan hutan bakau. Selain pemandangan danau dan hutan bakau, anda juga akan dapat melihat beberapa burung terbang di sekitar area hutan bakau.

6. Duduk Di Tepi Pantai Gili Meno & Berenang

Dari semua aktivitas liburan yang ada di Gili Meno, favorit wisatawan adalah duduk di tepi pantai Gili Meno. Pantai di Gili Meno island sangat bersih, dengan area pesisir pantai sangat landai. Warna pasir pantai putih kekuningan dengan tekstur yang sangat lembut. Selain keindahan pemandangan pantai pasir putih, perairan laut tepi pantai juga sangat tenang dan air sangat jernih. Sehingga saat anda berenang, anda akan dapat melihat dasar laut dan berenang dengan nyaman karena perairan laut sangat dangkal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours