Gili Sudak, Gili Kedis, dan Gili Nanggu: Daya Tarik, Lokasi, Jam Buka, Rute

Gili Sudak, Gili Kedis, dan Gili Nanggu: Daya Tarik, Lokasi, Jam Buka, Rute

Mataram – Gili Sudak, Gili Nanggu, dan Gili Kedis merupakan pulau yang menawarkan pemandangan alam yang memukau serta suasana yang damai. Ketiga pulau ini berada di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Gili Sudak, Gili Nanggu, dan Gili Kedis, berikut ini informasi mengenai daya tarik, lokasi, jam buka, dan rutenya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Gili Sudak merupakan pulau terbesar di antara ketiga pulau ini. Pulau ini menawarkan berbagai fasilitas yang membuatnya menjadi destinasi ideal untuk liburan.

Di Gili Sudak, Anda akan menemukan berbagai penginapan yang bisa Anda sewa untuk rehat setelah seharian beraktivitas. Penginapan di sini juga menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan, serta akses mudah ke pantai berpasir putih dan air laut yang jernih.

Anda juga tak perlu khawatir tentang kebutuhan makan dan minum selama berada di Gili Sudak. Di pulau ini, Anda dapat menemukan beberapa warung atau restoran yang menyediakan aneka ragam makanan dan minuman.

Tak hanya itu, Anda akan melihat terumbu karang yang indah dan kehidupan biota laut yang beragam. Pulau ini juga memiliki pasir putih yang lembut sehingga cocok untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Lokasi dan Rute

Gili Sudak berada di Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jika kamu berangkat dari Mataram, ambil rute ke Sekotong kemudian ke Gerung.

Perjalanan bisa ditempuh selama satu jam hingga sampai ke Pelabuhan Tawun. Lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan cara menyewa perahu.

Jam Buka

Berkunjunf ke Gili Sudah tidak dibatasi waktunya. Kamu bisa berkunjung kapanpun, namun transportasi menuju ke Gili Sudak tentunya ada waktunya.

Berbeda dengan dua pulau sebelumnya, Gili Kedis merupakan pulau kecil yang memiliki luas sekitar 3 hektare. Pulau ini merupakan tempat sempurna bagi mereka yang mencari keindahan alami dan ketenangan.

Perlu diketahui, Gili Kedis tidak memiliki fasilitas seperti penginapan atau restoran seperti yang ada di Gili Nanggu dan Gili Sudak. Akan tetapi, justru inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kealamian pulau ini membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan di kota.

Selain itu, Gili Kedis memiliki bentuk yang menyerupai hati saat air laut sedang surut. Hal tersebut yang membuat pulau ini dijuluki sebagai ‘Romantic Island’. Keunikan bentuk pulau ini sering digunakan untuk menjadi latar belakang foto-foto romantis.

Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Kedis terletak dalam kawasan yang sama, yaitu di Sekotong, Lombok Barat. Selain itu, Ketiga pulau tersebut saling berdekatan, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi semuanya dalam satu perjalanan.

Jam Buka

Pada dasarnya, pulau ini tidak memiliki jam buka tertentu sehingga Anda dapat mengunjungi pulau ini kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi adalah dari pagi hingga sore untuk menikmati berbagai aktivitas di pantai.

Daya Tarik Gili Nanggu

Salah satu daya tarik utama dari Gili Nanggu adalah penginapannya yang unik. Di sini, Anda dapat menemukan penginapan yang berbentuk seperti rumah adat Lombok, yaitu Lumbung Padi. Penginapan ini berjejer di tepi pantai sehingga akan menyajikan pemandangan laut yang menakjubkan dan suasana yang tenang.

Tak kalah dengan pulau lainnya, Gili Nanggu juga terkenal akan keindahan terumbu karangnya yang masih alami dan beragam biota laut yang hidup di sekitarnya. Anda bisa melakukan snorkeling di perairan sekitar Gili Nanggu untuk menikmati keindahan terumbu karangnya.

Bagi Anda yang berangkat dari Mataram, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Lembar. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung pada kondisi lalu lintas.

Sesampainya di Pelabuhan Lembar, Anda bisa menggunakan kapal untuk menyeberang menuju ketiga pulau tersebut. Waktu tempuh dari Pelabuhan Lembar ke Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Kedis adalah sekitar 35-45 menit.

Tarif untuk menggunakan kapal ini adalah sekitar Rp 350.000 per kapal. Kapal ini mampu menampung 10 sampai 15 orang. Tak perlu khawatir, Anda bisa membagi biaya tersebut bersama teman atau keluarga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours