Temukan Ketenangan di Pantai Areguling Lombok Tengah

Temukan Ketenangan di Pantai Areguling Lombok Tengah

Denpasar – Saat ini kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, baik domestik maupun internasional, berkat pembangunan dan promosi intensif yang dilakukan. Salah satu pantai yang terletak dekat dengan kawasan Mandalika dan patut masuk dalam daftar destinasi liburan adalah Pantai Areguling, Kecamatan Pujut.

Pantai Areguling menawarkan keindahan alam yang eksotis dan suasana yang lebih tenang dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya di sekitarnya, menjadikannya tempat yang sempurna untuk beristirahat setelah menjelajahi kawasan Mandalika.

Letaknya yang strategis juga membuatnya mudah dijangkau dari pusat Mandalika, sehingga sangat ideal untuk dikunjungi dalam satu perjalanan wisata.

Ingin tahu lebih jauh tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok ini? detikBali telah merangkumnya untuk Anda.

Daya Tarik
Pantai Areguling menyuguhkan keindahan alam yang memikat, sehingga menjadikannya destinasi favorit bagi pecinta alam dan petualang. Pantai ini menawarkan pesona yang belum banyak tersentuh, menghadirkan suasana yang tenang dan alami. Berikut beberapa daya tarik utama yang bisa dinikmati wisatawan di Pantai Areguling:

1. Ombak Menantang Untuk Berselancar

Pantai Areguling adalah salah satu spot selancar terbaik di Lombok, dengan gulungan ombak yang indah dan cukup besar sangat ideal untuk peselancar pemula hingga menengah melakukan kegiatan surfing di lokasi ini.

Wisatawan lokal dan internasional sering datang untuk menikmati sensasi menaklukkan ombak di sini.

Pantai Areguling di Lombok Tengah (Foto: Dok. Pribadi)
2. Pasir Putih yang Halus

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, menawarkan pemandangan indah sepanjang pesisir. Pasirnya menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin bersantai.

3. Air Laut Hijau Tosca yang Jernih

Air di Pantai Areguling berwarna hijau tosca dan sangat jernih, memungkinkan wisatawan melihat dasar pasir di tepi pantai. Kilau air laut di siang hari menambah pesona pantai ini.

4. Batu Karang Eksotis

Pantai ini juga dihiasi dengan tebing-tebing batu karang yang menjulang tinggi, menciptakan kolam alami ketika air laut mencapai sela-sela batu. Pemandangan ini sering dijadikan sebagai background untuk wisatawan berswafoto.

5. Dikelilingi Perbukitan Hijau

Pantai Areguling dikelilingi oleh perbukitan kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dari sudut yang berbeda, baik dengan berjalan kaki maupun menyewa sepeda motor.

6. Gili Nusa

Di seberang pantai areguling terdapat pulau kecil bernama Gili Nusa yang bisa dicapai dengan perahu atau berjalan kaki saat air surut. Pulau ini menjadi destinasi tambahan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pulau Lombok lebih jauh.

7. Lokasi Paralayang

Pantai Areguling pernah menjadi tuan rumah ajang paralayang dunia pada 2016, dan hingga kini, pengunjung masih bisa melihat paralayang di langit pantai, terutama saat sore hari, menambah suasana menakjubkan.

Lokasi
Pantai Areguling terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya berada di sepanjang jalur wisata yang sama dengan Pantai Kuta, tepatnya di rute Jalan Kuta-Mawun.

Selain menikmati pesona Pantai Areguling, wisatawan yang melintasi jalur ini juga dapat mengunjungi berbagai pantai indah lainnya yang berada di wilayah selatan Lombok Tengah.

Pantai Areguling di Lombok Tengah, NTB. Foto: Dok. Pribadi
Jalur ini dikenal sebagai kawasan wisata pesisir yang menawarkan beberapa destinasi pantai populer. Menjadikannya rute yang ideal bagi para pelancong untuk menjelajahi keindahan pantai-pantai Lombok dalam satu perjalanan.

Rute Menuju Pantai Areguling
Pantai Areguling hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Kuta Mandalika, yang bisa dicapai dalam 10 menit berkendara melalui Jalan Raya Mawun. Dari Kota Mataram, perjalanan sejauh 55 kilometer memakan waktu sekitar 1 jam 18 menit melalui rute Bypass Bandara Internasional Lombok dan Desa Tumpak.

Kota Mataram – Jempong – Jalan Gajah Mada – Lingkar Selatan – Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok – Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid – Jalan Bypass BIL Mandalika – Pujut – – Sengkol – Desa Tumpak – Pantai Are Guling

Jam Buka
Pantai Areguling buka 24 jam setiap harinya. Meskipun begitu, disarankan untuk menghindari kunjungan saat malam hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari saat suasana masih sejuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Pantai Areguling adalah Rp 10.000 per mobil dan Rp 5.000 per motor. Harga untuk memasuki tempat ini akan sedikit berbeda apabila hari libur, Namun tak perlu khawatir karena harga tersebut tidak berubah jauh dari harga yang sebenarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours