Wisata Pantai Ampenan, Surga di Tengah Kota Tua Mataram

Wisata Pantai Ampenan, Surga di Tengah Kota Tua Mataram

Mataram – Lombok merupakan pulau eksotis yang memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Tak hanya memukau wisatawan dengan bentang alamnya yang menakjubkan, Lombok juga menawarkan surga klasik di tengah kota tua di Mataram. Surga tersebut adalah wisata Pantai Ampenan.

Ampenan merupakan salah satu kota tertua di Lombok yang memiliki banyak bangunan dengan arsitektur gaya Belanda di sepanjang jalannya. Dulunya, Pantai Ampenan digadang-gadang memiliki pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan dan menghubungkan Lombok-Bali.

Biasanya, wisata Pantai Ampenan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang merupakan penduduk lokal maupun pendatang. Pantai ini khususnya memiliki pemandangan matahari tenggelam yang indah.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut informasi mengenai lokasi, daya tarik, harga tiket masuk, dan jam buka Pantai Ampenan yang dikutip dari berbagai sumber. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Lokasi
Pantai Ampenan berlokasi di Jalan Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Akses jalan menuju pantai ini sangatlah memadai karena tidak jauh dari pusat Kota Mataram. Dari Kota Mataram, jaraknya hanya enam kilometer dengan waktu tempuh tidak lebih dari 15 menit.

Rute yang ditempuh dari Kota Mataram adalah langsung menuju Jalan Pejangik atau Jalan Langko. Terus ikuti jalan utama hingga sampai di Jalan Yos Sudarso. Tidak jauh setelahnya, Anda akan tiba di simpang lima, di mana wisata Pantai Ampenan sudah dapat terlihat dari sini. Anda hanya perlu berjalan kaki saja untuk mencapai daerah pantai.

seafood di pantai ampenan Foto: detikFood
Seperti pantai pada umumnya, daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangan matahari tenggelamnya. Karakteristik dari pantai ini adalah memiliki pasir berwarna hitam dengan bebatuan.

Di sore hari, selain melihat pemandangan matahari tenggelam, Anda juga dapat melihat pemandangan kapal-kapal yang mulai mendekat ke dermaga.

Di sekitar pantai, terdapat stand pedagang makanan yang sangat beragam dengan harga yang bersahabat. Ada seafood, jagung bakar, sate, makanan ringan, kopi dan masih banyak lagi.

Menyeruput kopi dengan jagung bakar di sore hari sambil ditemani deburan ombak adalah cara terbaik untuk menutup hari dengan sempurna.

Jika Anda ingin bermalam di Kota Tua Ampenan, tidak perlu khawatir karena terdapat banyak hotel di sekitar pantai. Seiring dengan berkembangnya fasilitas dan akomodasi sekitar pantai, wisata Pantai Ampenan ini terbilang sangat ramai didatangi oleh pengunjung baik lokal maupun pendatang.

Harga Tiket
Untuk mengunjungi PantaiAmpenan, Anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk berlibur ke PantaiAmpenan. Budget tersebut dapat Anda manfaatkan untuk berbelanja makanan di sekitar PantaiAmpenan yang sangat menggugah selera.

Jam Buka
Pantai Ampenan buka setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari untuk melihat semburat jingga dari matahari yang perlahan tenggelam dan digantikan oleh gelapnya sinar rembulan.

Bagaimana detikers? Wisata Pantai Ampenan ini tentunya harus dijadikan salah satu bucket list saat berkunjung ke Lombok. Selamat berlibur!

Keyword Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours