Wisata Bukit Selong Sembalun: Lokasi, Rute, Harga Tiket, Jam Operasional

Wisata Bukit Selong Sembalun: Lokasi, Rute, Harga Tiket, Jam Operasional

Lombok Timur – Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Lombok memiliki daya tarik keindahan alam seperti pantai, pemandangan bawah laut, hingga keindahan alam yang anti mainstream.

Salah satunya adalah tempat wisata Bukit Selong di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Bukit Selong merupakan destinasi wisata yang populer dengan menyuguhkan pemandangan Gunung Rinjani tanpa harus mendaki.

Selain itu, Bukit Selong masih menawarkan keindahan lainnya seperti pemandangan petak-petak sawah, Desa Sembalun, serta Desa Beleq yang penuh sejarah yang terlihat indah apabila dilihat dari atas bukit.

Tertarik mengunjungi wisata Bukit Selong? Simak informasinya berikut ini.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Selong

Bukit Selong berlokasi di Desa Sembalung Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Perjalanan menuju Bukit Selong dapat ditempuh dari Mataram dengan memakan waktu berkendara sekitar 2-3 jam.

Dari arah Mataram Trippers, pengunjung dapat mengambil rute menuju Mataram-Senggigi-Tanjung-Bayan-Sembalun. Atau bisa mengambil rute yang berbeda melewati jalur Timur lewat Jl. Raya Mataram-Sikur, Jl. Segara Anakan, Jl. Wisata Gunung Rinjani.

Wisatawan tidak perlu khawatir karena sesampainya di jalan utama Sembalun Lawang, akan ada penunjuk arah lokasi Bukit Selong. Ada dua pemberhentian yang para wisatawan bisa kunjungi.

Untuk sampai ke atas bukit, para pengunjung dapat menaiki anak tangga dengan waktu penempuhan sekitar 2-5 menit. Apabila belum puas dengan pemandangan yang disuguhkan, pengunjung dapat naik anak tangga lagi selama kurang lebih 10-15 menit agar sampai di atas Bukit Selong.

Bukit Selong di Sembalun Foto: (Bonauli/detikcom)
Jam operasional Bukit Selong tidak ditentukan secara pasti. Bisa dianggap wisatawan dapat berkunjung kapanpun.

Namun tentu untuk dapat menikmati pemandangan yang megah nan indah, disarankan bagi para wisatawan untuk dapat berkunjung pada pagi, siang, maupun sore hari saat cuaca masih cerah.

Sebelum berkunjung, pastikan ramalan cuaca tidak menunjukkan hujan ya!

Harga Tiket Masuk Bukit Selong

Lombok itu nggak cuma pantainya saja yang indah. Pulau Seribu Masjid ini pun menawarkan keindahan panorama gunung dan perbukitan yang tak kalah cantik dan seksi. Ini salah satunya. Foto: Rachman_punyaFOTO
Untuk menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata, para pengunjung tidak perlu khawatir. Cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000 per orang. Wisatawan lokal dapat memasuki tempat wisata Bukit Selong pada weekday maupun weekend.

Untuk wisatawan mancanegara tarif tiket masuk Bukit Selong sebesar Rp 15.000.

Apabila wisatawan membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas

Area wisata Bukit Selong menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Seperti toilet, area parkir yang luas, warung makan dan kopi, serta area camping bagi para pengunjung yang ingin menginap di dalam tenda.

Di sekitar atas bukit Selong juga disediakan tempat duduk dan dekorasi spot foto yang instagramable.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai wisata Bukit Selong. Apabila memiliki rencana berkunjung, jangan lupa untuk memastikan cuaca dan kondisi badan yang fit ya!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours