Pantai Setangi, Keindahan Eksotis Sebagai Objek Fotografi

Pantai Setangi, Keindahan Eksotis Sebagai Objek Fotografi

Pantai merupakan destinasi liburan yang menjadi favorit di semua kalangan, terutama masyarakat perkotaan yang telah penat dengan rutinitas. Salah satu pantai yang menjadi lokasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Setangi.

Pantai yang biasa disebut sebagai Pantai Tiga Setangi menjadi destinasi wisata alam yang memiliki banyak peminat. Tak kalah dengan pantai lainnya di Lombok. pantai ini memiliki alam yang sangat indah dan cantik.

Pantai dengan dataran yang luas dan memanjang memiliki hamparan dataran pasir pantai dengan perpaduan warna pasir putih dan sedikit hitam.

Pemandangan pasir pantai dan langit biru berawan

Hamparan warna pasir yang dimiliki disebabkan letak pantai ini berdekatan dengan Gunung Vulkanik yang masih aktif. Namun warna pasir yang ada menambah kesan eksotis yang dimiliki.

Pantai Setangi menawarkan warna lautan yang sangat cantik berwarna biru bersanding dengan warna langit, kemudian dipadukan hembusan angin yang cukup tenang menjadikan siapa saja yang berada di pantai ini merasa tenang.

Berlatar belakang pemandangan laut biru, terdapat pula view yang tak kalah menawan yaitu Gunung Agung yang berada di Bali.

Dinamakan Pantai Tiga Setangi karena berlokasi di dusun setangi dan ini adalah pintu masuk yang ketiga di sepanjang Pantai Setangi.

Daya Tarik Pantai Setangi Lombok

Lokasi Tepat Bagi Pecinta Senja Menikmati Sunset

perempuan di pinggir pantai dengan pemandangan langit jingga di Pantai Setangi

Di pantai ini banyak anak muda milenial berkunjung hanya untuk menikmati pemandangan cahaya orange dan langit jingga ketika matahari terbenam.

Pemandangan sungguh menakjubkan ketika air laut biru berubah warna menjadi orange bercampur biru ketika laut mulai menenggelamkan matahari.

Bagi kaum pecinta senja, jangan melewatkan sunset yang ada di Pantai Setangi.

Aman Bermain Air di Garis Pantai

dua bayi duduk di pinggir pantai dengan pasir dan pemandangan indah di Pantai Setangi

Bagi wisatawan yang akan berlibur bersama keluarga, pantai ini cocok untuk di kunjungi. Bersama anak-anak melakukan kegiatan seru seperti bermain air tempat ini aman. Anak-anak akan sangat menyukai wisata pantai ini.

Meskipun ombak yang ada di pantai ini aman untuk bermain air. Namun tak ada salahnya untuk selalu waspada dan memantau anak yang sedang bermain di air. Selain itu disarankan untuk bermain air di pagi hari mengingat ombak tenang ada di pagi hari.

Camping Bersama Di Pinggir Pantai

Camping di pinggir pantai beramai-ramai di Pantai Setangi

Pantai Setangi menjadi langganan wisatawan yang ingin bercamping seraya menikmati panorama keindahan pantai.

Camping di pinggir pantai menjadi satu momen yang lebih mengesankan daripada menginap di hotel mewah. Menikmati indahnya pemandangan laut dan langit di malam hari yang sangat menakjubkan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi Surfing Bagi Pemula

pemandangan langit biru dan laut biru dan wisatawan berhidap menghadap laut

Pantai Setangi menjadi salah satu pantai di Lombok dengan spot untuk berselancar air atau Surfing terutama untuk para peselancar pemula. Memiliki deburan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan tempat yang sangat cocok untuk surfing.

Untuk kegiatan surfing di Pantai Tiga Setangi ini dapat dilakukan ketika siang hari pukul 12.00 sampai 15.00. Ombak yang ada di jam tersebut akan sangat memadai untuk surfing.

Namun, di pantai ini tidak tersedia penyewaan papan surfing di sekitarnya. Sehingga sangat disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri.

Pesona Villa Hantu

Wanita duduk di atas villa hantu dengan pemandangan pantai setangi

Di atas puncak bukit dari Pantai Setangi ini terdapat sebuah villa yang disebut-sebutkan sebagai Villa Hantu. Villa tersebut terbengkalai karena proses pembuatan yang baru setengah dan tidak selesai dikerjakan.

Bangunannya akan tampak seperti tidak terawat dengan beberapa coretan mural di setiap sudut dinding villa. Konon katanya, pada proses pembangunan banyak pekerja mendapatkan gangguan “mistis” sehingga villa berhenti dibangun di tengah jalan.

Namun pada kenyataan yang ada, Villa Hantu tidaklah seseram kedengaran namanya. Jika berkunjung saat matahari masih bersinar, di atas villa ini akan disuguhkan pemandangan yang indah. Pemandangan Pantai Setangi terlihat sangat jelas dan indah.

Spot Hunting Foto Bagi Pecinta Fotografi

Wanita di pinggir pantai dan tebing dengan ombak putih di pantai Tiga Setangi

Sudah menjadi kewajiban bagi kalangan muda untuk memenuhi kebutuhan selfie atau berfoto ria ketika berkunjung ke suatu tempat. Di pantai ini wisatawan akan diberikan spot foto menarik terutama bagi pecinta fotografi.

Banyak sekali sudut dan objek yang mempesona untuk diabadikan di lokasi pantai ini. Berikut merupakan rekomendasi hunting foto ketika berada di destinasi pantai ini :

  • Berfoto ketika bermain air.
  • Bermain-main pasir dipinggir pantai.
  • Mengabadikan keindahan Pantai Setangi.
  • Mengabadikan momen camping bersama teman-teman.
  • Mengambil gambar keindahan sunset di Pantai Setangi.
  • Mengambil gambar keindahan Pantai Setangi dari Villa Hantu

Lokasi Pantai Setangi Lombok

Pantai Setangi Lombok berada di Jl. Raya Senggigi, Malaka, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lokasi pantai ini berada di wilayah kawasan Pantai Senggigi yang terkenal sehingga mudah untuk ditemukan.

pemandangan malam hari di pinggir Pantai Setangi dengan tenda camping

Rute Menuju Pantai Setangi

Untuk menuju ke Pantai Tiga ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari pusat Kota Mataram menuju ke Pantai Setangi memerlukan jarak tempuh sejauh 22 KM dengan waktu tempuh 38 menit.

Berikut merupakan rute tempuh yang akan dilewati ketika ke destinasi ini:

Kota Mataram – Ampenan – Pertigaan Kebon Roek – Lurus ke Arah Makan China Bintaro – Meninting – Pertigaan Meninting – Luruh ke Arah Senggigi – Batulayar – Senggigi – Kerandangan – Malaka – Pantai Setangi.

Ketika tiba di sekitar Pantai Kerandangan, Lokasi Pantai Setangi tinggal sebentar lagi sampai. Jalannya sedikit menanjak dan berkelok-kelok, namun sudah beraspal dan mulus. Lokasi masuk Pantai Setangi berada di sebelah kiri.

Setelah masuk ke area pintu masuk Pantai Setangi seperti pantai lainnya yang berada di area Senggigi, wisatawan akan melewati pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Bagi wisatawan yang berasal dari wilayah selain Kota Mataram, dapat mengikuti rute yang telah disediakan aplikasi Google Maps berikut :

Jam Buka Pantai Setangi Lombok

Jam buka Pantai Setangi adalah setiap hari Senin hingga Minggu pukul 07.00 hingga pukul 17.00.

Namun tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang akan camping, Pantai Setangi terbuka selama 24 jam nonstop.

pemandangan pohon kelapa dengan langit orange dan beberapa pengunjung

Harga Tiket Masuk Pantai Setangi

Harga tiket masuk Pantai Setangi adalah Rp. 3.000,- per orang.

Harga masuk ini belum termasuk sebagai biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir Rp. 2000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil.

Setiap harga yang tercantum di situs Your Trip adalah harga yang berlaku ketika tulisan ini dibuat, harga dapat berubah sewaktu-waktu namun tetap tidak akan jauh berbeda dari harga yang kami cantumkan.

perempuan berbaju putih dipinggir pantai Setangi Lombok

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di area pantai sudah cukup memadai untuk wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Berikut merupakan daftar fasilitas yang tersedia diantaranya :

  • Area parkir
  • Gazebo untuk duduk-duduk
  • Warung makanan & minuman
  • Area camping
  • Spot foto
  • Penginapan di sekitar Pantai Setangi

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours