15 Rekomendasi Wisata di Danau Toba

15 Rekomendasi Wisata di Danau Toba

Berkunjung ke Medan, jangan lupa sempatkan waktu ke Danau Toba. Ada banyak hal bisa kamu temukan di sana. Apa saja? Berikut pilihannya.

Destinasi Wisata di Danau Toba – Meledaknya film “Ngeri-Ngeri Sedap” karya rumah produksi Imajinari di tahun 2022 semakin meningkatkan daya tarik dan kunjungan ke Danau Toba di Sumatera Utara. Pasalnya, film ini benar-benar mengeksploitasi keindahan dan keasrian di lingkungan pesisir Danau Toba.

Danau Toba sendiri merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara, dengan panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, serta kedalaman 508 meter.

Latar belakang geografis Danau Toba yang merupakan merupakan bekas gunung api supervolcano purba juga meningkatkan daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke destinasi ini.

Bahkan belakangan, besarnya potensi pariwisata Danau Toba membuat pemerintah menjadikannya sebagai destinasi pariwisata super prioritas. Imbasnya, pembangunan berbagai infrastruktur penunjang kegiatan pariwisata dikebut oleh pemerintah.

Terdapat dua bandara terdekat untuk mencapai Danau Toba yakni Bandara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba; serta Bandara Internasional Sisingamangaraja XII di di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Jika dalam waktu dekat kamu berencana untuk berwisata #DiIndonesiaAja ke Danau Toba, berikut kami rekomendasikan destinasi wisata Danau Toba yang pastinya akan sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Destinasi Wisata di Danau Toba

1. Air Terjun Situmurun Binangalom

Lokasi: Jonggi Nihuta, Hatinggian, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

Air Terjun Situmurun Binangalom memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Arus air dari air terjun ini turun mengalir melalui Sungai Lom menuju Danau Toba. Kamu sebenarnya dapat merasakan sensasi berenang melawan arus di air terjun ini karena arusnya yang tenang.

Kata Binangalom sendiri diambil dari nama Sungai Lom yang dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati.

2. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit adalah tempat yang sakral bagi warga sekitar karena dipercaya sebagai tempat lahirnya Suku Batak. Letaknya di antara tiga kecamatan yaitu Harian Boho, Sianjur Simula-mula, dan Pangururan.

Berada di kaldera gunung berapi super Toba yang ada di pulau Samosir, destinasi wisata di Danau Toba ini memiliki pesona yang luar biasa. Dari ketinggian sekitar 1.900 Mdpl, kamu bisa menikmati pemandangan Toba sambil menikmati suasana yang sejuk di puncak tertinggi di kawasan Danau Toba. Bagi kamu yang suka mendaki, jangan lewatkan trekking di Gunung Pusuk Buhit.

3. Paropo

Lokasi: Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara

Destinasi wisata Danau Toba ini sering dikatakan mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di Semeru: sama-sama pemandangan gunung dengan perairan di depannya. Meskipun begitu, keduanya sama-sama indah sehingga tidak ada salahnya kamu mengunjungi Paropo apalagi jika kamu sudah maupun belum pernah ke Ranu Kumbolo.

4. Bukit Holbung

Lokasi: Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Bukit ini menjadi latar dari sejumlah adegan dalam film “Ngeri-Ngeri Sedap”. Keindahan alam di Bukit Holbung yang terekspos di film ini membuat para penontonnya tertarik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam di Bukit Holbung.

Di media sosial, Bukit Holbung juga ramai disebut sebagai Bukit Teletubbies. Keunikan dari tempat wisata yang dekat dengan Danau Toba ini adalah kontur tanahnya yang bergeombang.

Selain bagus untuk mengumpulkan konten-konten foto dan berpiknik, destinasi ini juga cocok untuk aktivitas pendakian ringan karena jalurnya yang landai dan tidak terlalu tinggi.

5. Lembah Bakkara

Lokasi: Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara

Lembah Bakkara merupakan tanah kelahiran dari pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang turut berperang melawan penjajahan Belanda yakni Raja Sisingamangaraja XII.

Keindahan dan eksotisme Lembah Bakkara diperkuat oleh lintasan dua aliran sungai yang membelah lembah ini yakni Sungai Aeks Silang serta Sungai Aek Simangira. Kedua sungai ini mengalir sejumlah desa di Kecamatan Baktiraja yang berakhir di Danau Toba.

Di Lembah Bakkara juga terdapat Istana Raja Sisingamangaraja yang dapat kamu kunjungi. Banyak spot foto di menarik di kompleks istana ini yang bisa kamu kunjungi secara gratis.

6. Air Terjun Efrata

Lokasi: Sosor Dolok, Harian, Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Pemandangan yang indah dengan akses yang mudah dijangkau membuat Air Terjun Efrata selalu menjadi destinasi pilihan wisatawan. Pemandangan air terjun yang dikelilingi alam asri dengan udara yang sejuk menjadi nilai plus destinasi wisata Danau Toba ini.

7. Bukit Gajah Bobok

Lokasi: Jl. Raya Merek-Sidikalang, Situnggaling, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Selain Bukit Holbung, terdapat satu lagi destinasi wisata di dekat Danau Toba dengan track yang cocok untuk pendaki pemula, dengan nama Bukit Gajah Bobok. Nama Gajah Bobok sendiri berasal dari bentuk bukit yang sangat mirip dengan gajah yang tengah tertidur.

Panorama alam di Bukit Gajah Bobok tidak kalah indah dengan Bukit Holbung. Untuk mengunjungi bukit ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Di malam hari, langit yang dilihat dari Bukit Gajah Bobok akan dipenuhi bintang-bintang sehingga meningkatkan kesyahduan.

8. Bukit Siadtaratas

Lokasi: Paropo, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara

Disebut sebagai lokasi terbaik untuk melihat Danau Toba, kamu perlu mendaki untuk sampai di Bukit Siadtaratas. Untuk mencapai ke puncaknya, kamu akan melalui beberapa pos penjagaan. Tak hanya melihat sebentar, kamu juga bisa berlama-lama menikmati pemandangan dengan berkemah di tempat wisata Danau Toba ini. Kamu bisa menyalakan api unggun saat malam untuk menghangatkan diri dan mencari sunrise di pagi hari tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

9. Menara Pandang Tele Samosir

Lokasi: Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

Saksikan keindahan Toba dari Menara Pandang Tele Samosir, yang sudah eksis sejak tahun 1988. Terdapat empat tingkat dan jarak pandang berbeda. Selain bisa melihat keindahan Danau Toba, kamu juga bisa melihat indahnya Air Terjun Efrata dan juga Bukit Holbung di destinasi wisata Danau Toba ini. Jika kamu lelah dan merasa lapar selepas menaiki menara, di sini juga tersedia pilihan kuliner.

10. Bukit Indah Simarjarunjung

Lokasi: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21163

Ada cara lain untuk menikmati Danau Toba, yaitu dengan berfoto dengan keindahan Danau Toba sebagai latar fotonya. Di tempat wisata Danau Toba yang ini terdapat banyak spot foto yang dirancang khusus seperti kepompong yang menggantung, ayunan, dan juga tempat berfoto seakan-akan kamu duduk di telapak tangan yang terbuat dari rotan. Selain spot foto tersebut, di sini juga tersedia properti yang tak kalah unik seperti balon udara, bunga matahari, dan juga balon udara.

11. Kolam Pemandian dan Air Terjun Bukit Gibeon

Lokasi: Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara 22386

Bukit Gibeon adalah sebuah destinasi wisata keluarga yang cukup populer di Kabupaten Toba karena keindahan dan keasrian alam di sekitarnya. Di bukit ini terdapat air terjun alami yang aliran airnya jatuh langsung ke sebuah kolam pemandian.

Karena airnya berasal dari mata air pegunungan, sensasi mandi dan berenang di Kolam Pemandian dan Air Terjun Gibeon akan sangat berbeda dengan kolam pemandian pada umumnya. Untuk merasakan pengalaman ini, setiap orang hanya akan dipungut tarif masuk sebesar Rp 10.000 saat weekday dan Rp 20.000 ketika weekend.

12. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22173

Dalam beberapa waktu terakhir, Kebun Bunga Sapo Juma di Desa Tongging menjadi viral di media sosial instagram karena banyak digunakan sebagai latar foto para pengguna instagram. Kebun bunga ini sebenarnya merupakan bagian dari Penginapan Sapo Juma.

Baca Juga: Tentang seputaran misteri laut dan ikan

Selain bisa menikmati keindahan dan keasrian alam para pengunjung kebun bunga ini bisa mendapatkan banyak sekali spot foto instagramable. Untuk masuk ke Kebun Bunga Sapo Juma, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang.

13. Puncak Sidiangkat Sidikalang

Lokasi: Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara

Puncak Sidiangkat Sidikalang memiliki latar berupa panorama keindahan alam yang jauh dari polusi udara. Daya tarik utama yang ditawarkan Puncak Sidiangkat adalah spot foto unik berupa sarang burung raksasa dengan background panorama alam di tanah Pakpak.

Untuk berfoto di spot foto unik tersebut, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk berfoto sepuasnya. Spot foto ini sendiri dibuat oleh warga sekitar untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di Puncak Sidiangkat.

Baca Juga: Ramalan angka laut selatan

14. Keliling Danau Toba Dengan Kapal Pesiar

Saat ini terdapat banyak operator yang mengoperasikan kapal pesiar untuk berkeliling Danau Toba. Salah satu kapal pesiar yang bisa kamu nikmati adalah kapal yang dioperasikan Pemerintah Kabupaten Samosir dengan struktur hampir seluruhnya berbahan kayu.

Pemerintah Kabupaten Samosir menggarap paket kapal pesiar ke Danau Toba ini menjadi bersama pemerintah Singapura. Artinya soal fasilitas dan pelayanan di kapal pesiar ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Reservasi dapat dilakukan melalui situs resmi Lake Toba Package dengan tarif yang disesuaikan.

15. Desa Wisata Tomok

Lokasi: Pulau Samosir, Sumatera Utara

Desa Wisata Tomok merupakan sebuah desa tradisional yang terletak di pesisir Pulau Samosir. Di desa ini kamu dapat mengunjungi pemakaman raja-raja batak kuno dan Museum Suku Batak.

Selain bisa berwisata sejarah budaya Batak Toba, di Desa Wisata Tomok kamu juga bisa berbelanja karena terdapat pasar souvenir yang menjual berbagai cinderamata dengan harga yang miring.

Selain bisa berwisata sejarah budaya Batak Toba, di Desa Wisata Tomok kamu juga bisa berbelanja karena terdapat pasar souvenir yang menjual berbagai cinderamata dengan harga yang miring.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Danau Toba. Indah sekali, kan?

Kita harus selalu ingat untuk menjaga kelestarian alam dengan menjaga kebersihan agar keindahan destinasi wisata di Danau Toba ini bisa disaksikan juga oleh generasi penerus.

Baca Juga: Review film terbaru

Dari rekomendasi di atas, manakah yang paling membuatmu penasaran dan ingin membuatmu segera mengunjunginya? Kamu bisa rencanakan liburan ke Danau Toba secara praktis dengan Traveloka!

Dengan Traveloka, kamu bisa merencanakan perjalananmu secara praktis dan tentunya menghemat pengeluaran liburan. Mulai dari memesan tiket pesawat langsung ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII dengan harga terbaik, hingga memesan hotel atau penginapan yang nyaman.

Related Keyword:

Baca Juga: seputar liga wanita dunia

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Bet4D

Login Bet4D

Login Bet4D

Masuk Bet4D

Masuk Bet4D

Link Alternatif Bet4D

Link Bet4D

Daftar Bet4D

Link agen togel

Link agen togel

Situs togel

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours