Daftar 12 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Viral

Daftar 12 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Viral

Lampung Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki tempat wisata cukup banyak. Berikut ini ada 12 rekomendasi wisata Lampung Tengah yang cocok untuk didatangi saat weekend bareng keluarga.

Lampung Tengah memiliki luas wilayah 4.559,57 kmĀ², terletak sekitar 57,8 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Kabupaten ini terkenal dengan hasil perkebunan tebu dan jagung cukup besar di Indonesia.

Meski jauh dari kawasan pantai, namun di Lampung Tengah ini banyak tempat wisata yang tak kalah menarik dari kabupaten lain di Provinsi Lampung. Apa saja?

Yuk simak penjabaran wisata di Lampung Tengah yang sudah dirangkum detikSumbagsel dari berbagai sumber.

12 Rekomendasi Tempat Wisata Lampung Timur

1. Air Terjun Curup Tujuh

Dilansir Universitas An Nur Lampung, Air Terjun Curup Tujuh merupakan wisata alam yang berlokasi di Kampung Margajaya, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk dapat sampai ke air terjun ini dapat melewati Gunung Sugih atau dapat melewati Pringsewu melalui Kalirejo.

Daya tarik dari air terjun ini yaitu aliran air terjun yang cukup besar dengan berbagai hiasan batu-batu yang bentuknya unik pada sisi kanan dan kiri air terjun. Di sini Anda dapat bermain air, mandi, hingga berendam di kolam alami yang tebentuk di antara bebatuan besar.

Harga tiket masuk ke wisata ini adalah sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk biaya parkir Rp 5.000 per kendaraan. Air terjun curup tujuh buka 24 jam.

2. Bukit Batu Bara

Bukit Batu Bara berlokasi di Desa Linggapura, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah. Untuk menuju ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Kota Bandar Lampung.

Selain menikmati keindahan puncak bukitnya, Anda juga dapat menikmati aliran air sungai yang ada di bawahnya, dengan bebatuan yang besar khas batuan kali di dataran tinggi atau pegunungan. Wisata ini dapat dikunjungi kapanpun tanpa dikenakan biaya masuk di NANA4D.

3. Air Terjun Curup Lestari

Air Terjun Curup Lestari juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Lampung Tengah, tepatnya berada di Kampung Kota Batu, Kecamatan Pubian. Untuk sampai ke sini, Anda akan menyeberangi sungai-sungai dengan bebatuan khas pegunungan.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang hampir sama dengan Air Terjun Way Jelay di Tanggamus. Memiliki debit air yang tidak begitu besar, sehingga Anda dapat mandi di pancuran airnya.
Untuk masuk ke wisata ini Anda perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Air Terjun Curup Lestari buka dari jam 06.30-17.30 WIB.

4. Bukit Batu Tumpang

Wisata yang dibuka oleh masyarakat sejak 12 Februari 2017 ini berlokasi di Kampung Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah. Untuk mencapai Bukit Batu Tumpang, Anda dapat melewati Tol Gunung Suji yang berjarak 107 km dari Kota Bandar Lampung.

Daya tarik wisata ini terdapat pada tumpukan batu besar yang berada di puncak, nama batu tumpang tersebut diambil dari sebuah batu besar yang ditopang oleh 2 batu yang berukuran kecil.
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata ini, jam bukanya mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000 dan pada hari libur dikenakan Rp 10.000.

5. Danau Bekri

Danau Bekri merupakan danau alami yang terbentuk dari dua danau kecil, danau ini berlokasi di kawasan perkebunan kelapa sawit miliki PTPN VII. Untuk mencapai wisata ini, Anda dapat melewati gerbang Tol Tegineneng Barat sejauh 56 km dari Kota Bandar Lampung.

Selain melihat danau, Anda dapat berjalan kaki sambil ditemani pohon-pohon besar dan rindang yang berada di sekelilingnya. Wisata ini juga cocok sebagai tempat piknik ataupun rekreasi bersama keluarga atau sahabat.

Wisata Danau Bekri buka selama 24 jam dan untuk masuk ke wisata ini kalian akan dipungut biaya masuk Rp 5.000 dan saat hari libur dikenakan Rp 10.000 per orang.

6. Danau Tirta Gangga

Wisata Danau Tirta Gangga berada di tengah permukiman warga keturunan Situs Toto Bali, tepatnya berlokasi di Kampung Swatika Buana 13, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mencapai wisata ini Anda dapat melewati Metro yang terletak sejauh 107 km.

Danau ini merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai saluran irigasi di daerah tersebut. Danau dengan luas 200 hektar ini sering digunakan sebagai tempat ritual agama Hindu oleh masyarakat setempat. Danau Tirta Gangga ini buka selama 24 jam dan tidak diperlukan biaya untuk masuk ke dalam wisata satu ini.

7. Danau Telogo Rejo

Danau Telogo Rejo berlokasi di Desa Sendang Baru, Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah. Wisata ini lokasinya 72 km dari Kota Bandar Lampung dan untuk mencapai ke sini Anda dapat melewati Pringsewu.

Danau Telogo Rejo berada di kawasan hutan lindung yang kondisinya masih sangat alami. Selain menikmati keindahan alamnya, di sini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan lain seperti memancing dan lintasan grasstrack. Wisata ini buka selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per motor.

8. Wisata Pondok Yangti

Pondok Yangti Cafe & Resto berlokasi di Jl. Proklamator Raya No.222B, Bandar Jaya Bar., Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mencapai kesini Anda dapat melalui gerbang tol Gunung Sugih dari Kota Bandar Lampung yang menempuh jarak sejauh 62 km.

Daya tarik dari wisata Pondok Yangti adalah menggabungkan antara tempat wisata kuliner dengan taman wisata yang cantik. Selain itu juga terdapat camping ground dan outbond camp yang dapat Anda gunakan saat berkunjung ke wisata satu ini.

Wisata Pondok Yangti buka dari jam 08.30-16.30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

9. Tugu Kopiah Emas

Tugu Kopiah Emas merupakan tugu khas yang menjadi landmark dari Kabupaten Lampung Tengah. Wisata ini berlokasi di pinggir jalan lintas Sumatera, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, dekat kantor Bupati Lampung Tengah.

Tugu Kopiah Emas merupakan tempat wisata yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi anak muda di Lampung Tengah. Tempat wisata ini merupakan taman terbuka hijau yang nyaman, indah, dan bersih sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai terutama di sore hari.

10. Tugu Pepadun

Tugu Pepadun merupakan tugu yang menjadi simbol penghormatan kepada leluhur masyarakat Lampung yang berasal dari suku Pepadun. Wisata ini berlokasi di Desa Gunung Sugih Lama, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Untuk mencapai wisata ini Anda dapat menempuh jarak sekitar 1 jam perjalanan dari Bandar Lampung. Tugu ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan bentuk seperti tumpeng berwarna putih. Dan di sekitar tugu terdapat taman yang asri dan indah. Untuk masuk ke wisata ini, Anda tidak dipungut biaya masuk.

11. Tugu Pengantin

Tugu Pengantin merupakan objek wisata yang berlokasi di Jalan Lintas Timur Sumatera, Desa Gunung Sugih Lama, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk menuju ke lokasi Anda haru menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Bandar Lampung.

Tugu Pengantin merupakan destinasi wisata sejarah dan budaya. Tugu ini merupakan simbol penghormatan kepada pasangan pengantin pertama yang menikah di Lampung pada tahun 1945. Tugu yang berbentuk seperti sepasang pengantin berpakaian adat Lampung ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Tugu ini tidak memungut biaya masuk, jadi Anda yang ingin berkunjung ke sini tidak perlu menyiapkan biaya masuk.

12. Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas

Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas berlokasi di Desa Bumi Nabung, Kecamatan Bumi Nabung, Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mencapai lokasi Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Bandar Lampung.

Daya tarik dari wisata ini adalah wisata alam yang unik dan eksotis. Danau ini merupakan bekas tambang kapur batu padas yang telah lama tidak aktif. Pemandangan danau ini dapat terlihat dari atas bukit ataupun turun ke bawah untuk melihat lebih dekat air yang berwarna biru muda kontras dengan warna putih kapur.

Untuk masuk ke wisata ini tidak dipungut biaya, akan tetapi Anda tetap harus membayar parkir kendaraan.

Link Terkait :

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours